Re Akreditasi RSUD Maba tahun 2023

                   Dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat, Lembaga Akreditasi Dharma Husada Paripurna (Lars-DHP) melakukan survey Re-akreditasi terhadap Rumah Sakit Umum Daerah  Maba, Kamis (7/12/23) yang berlangsung di RSUD Maba.

                   Survei Re-Akreditasi ini berlangsung  selama tiga hari yaitu tanggal  7, 8,9  Desember 2023. Acara pembukaan survei Re-Akreditasi tersebut di buka oleh Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub melalui Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dr Muhammad Nasir, beliau mengatakan, “Pelayanan yang diberikan harus mendapat pengakuan bahwa pelayanan yang diberikan sudah sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian,  Akreditasi  juga bukan sekedar pengakuan formal tapi juga cermin dari komitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat Haltim. Lanjut beliau, Pemerintah Daerah akan terus memberikan dukungan terhadap inovasi yang dilakukan demi kemajuan RSUD Maba, apalagi kesehatan adalah investasi masa depan yang lebih baik.

Re-Akreditasi RSUD Maba kali ini merupakan akreditasi ulang, karena pada tahun 2017 RSUD Maba pernah melaksanakan Akreditasi dan mendapatkan predikat Madya.

              Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 012 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit yang dimaksud dengan Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan terhadap Rumah Sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri, setelah dinilai bahwa Rumah Sakit itu memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkesinambungan. Tujuan Akreditasi itu sendiri adalah : 

  1. Meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit;
  2. Meningkatkan keselamatan pasien Rumah Sakit;
  3. Meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia Rumah Sakit dan Rumah Sakit sebagai institusi;
  4. Mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

        Pada hari pertama, Direktur RSUD dr. Calice Djakline dalam kesempatan ini menyampaikan kata sambutan, kemudian presentasi gambaran umum atau profil mengenai RSUD Maba dan indikator-indikator Mutu dan Keselamatan Pasien Di RSUD MABA. Dilanjutkan dengan wawancara pimpinan beserta jajaran  dan telaan dokumen dari masing-masing pokja.

        Memasuki hari ke 2 TIM Surveior Lars DHP bapak Ismail S. Si sebagai Ketua didampingi Yeris Rariwo S.Kep sebagai Anggota Surveior melaksanakan telusur ke instalasi pelayanan, instalasi penunjang, SDM bahkan Pasien, hal tersebut dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana RSUD Maba melaksanakan standar yang telah ditetapkan dalam memenuhi mutu pelayanan kepada Pasien, di hari ke 2 juga telah diperagakan simulasi Code Red dan Code Blue .

Menjelang penutupan di hari ke 3  dilaksanakan Santiaji yang diketuai oleh  Ismail S. Si sebagai Ketua, dilanjutkan dengan tanggapan oleh Direktur RSUD Maba dan tutup.

Pada seegment penutupan pembawa acara mengajak seluruh yang hadir untuk bernyanyi bersama dalam suasana yang khidmat dan diakhir dengan foto bersama.

RSUD Haltimkab
100

Kontak Kami

Jl. Lintas Halmahera

rsudmaba65@gmail.com

081241164039

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Halmahera Timur